Perkedel Kentang Vegetarian

cript>

Perkedel merupakan salah satu makanan yang populer dalam seni kuliner nusantara. Istilah "perkedel" yang kita kenal di Indonesia sebenarnya berasal dari bahasa Belanda, "frikadel". Hal ini menunjukkan pengaruh Belanda dalam seni kuliner Indonesia, seiring masa kolonialisasi Belanda di tanah air. Di banyak negara Eropa, frikadel dalam versi aslinya biasanya dibuat dari daging cincang yang dilumat dan kemudian digoreng, yang sering dihubungkan dengan bakso versi Denmark. Sementara dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama "frikadeller".

Sementara di Indonesia, perkedel umumnya dibuat dari bahan kentang yang digoreng atau direbus lalu dilumatkan dan dicampur dengan daging cincang, irisan daun bawang, dan daun seledri, kemudian dicampur berbagai bahan bumbu atau rempah lainnya. Perkedel umumnya dibuat dengan bentuk bulat pipih, dicelupkan ke dalam kocokan telur ayam lalu digoreng. Tentunya untuk masakan khusus vegetarian ini, bahan daging cincang tidak dipergunakan. Perkedel kentang umumnya dinikmati sebagai lauk-pauk bersama sambal cabe.

Selain kentang, bahan lainnya yang bisa digunakan untuk membuat perkedel di antaranya adalah ubi jalar, singkong, dan tahu.

BAHAN DAN BUMBU :
500 gr kentang, kupas bersih
1 batang daun seledri, iris-iris halus
1 butir telur, pisahkan kuning dan putihnya
1 buah bawang merah, goreng, haluskan
1/4 sdt merica bubuk
1/4 sdt pala bubuk
1/2 sdt garam
500 ml minyak untuk menggoreng

CARA MEMBUAT :
1. Panaskan minyak goreng dalam wajan, masukkan kentang. Goreng hingga berubah warna dan empuk. Angkat tiriskan sebentar.
2. Masukkan segera kentang yang selesai digoreng dan masih panas ke dalam cobek besar, haluskan.
3. Setelah kentang halus, tambahkan seledri, merica bubuk, pala, garam, kuning telur, dan bawang merah goreng. Aduk-aduk hingga rata.
4. Bentuk adonan kentang yang sudah tercampur dengan bumbu menjadi bulatan-bulatan pipih sampai habis.
5. Panaskan minyak goreng. Sementara itu kocok lepas putih telurnya. Jika minyak goreng sudah panas, celupkan setiap perkedel ke dalam putih telur hingga rata sebelum digoreng.
6. Goreng perkedel hingga warnanya berubah kuning kecokelatan, jaga dan dibalik agar marang merata dan jangan sampai gosong. Angkat, tiriskan, dan sajikan bersama sambal cabe.

Untuk : +/- 10 buah